Selamat datang di Website resmi Pemerintah Desa Meko, sebagai sarana informasi pembangunan di desa Meko

Artikel

SOSIALISASI BNPB DI WEBSITE GOOGLE

30 Maret 2020 16:10:49  Administrator  604 Kali Dibaca  Berita Desa

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan sosialisasi pada mesin pencari terbesar di dunia yaitu google, ikan ini terlihat sejak 1 April 2020 jika kita membuka website google.
Sosialisasi yang dimaksud merupakan upaya tindakan untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona, yaitu:

  1. TANGAN; Cuci lebih sering
  2. SIKU; Untuk menutup mulut saat batuk
  3. WAJAH; Jangan disentuh
  4. JARAK; Jaga jarak aman
  5. RUMAH; Usahakan di rumah saja

"Program ini memiliki sasaran agar masyarakat bisa memanfaatkan teknologi untuk mengurangi dampak buruk bencana. Terutama bagi wanita dan anak-anak di mana sebesar 2/3 menjadi korban," ujar Jacquelline Fuller, Presiden Google[dot]org


Program kerja sana ini akan memberikan kampanye dan aksi masyarakat yang betujuan agar masyarakat mendapatkan informasi yang jelas mengenai resiko bencana dan penyelamatan diri.
Selain itu, Pelaksanaan Harian Direktorat Kesiapsiagaan BNPB, Bambang Surya Putra menggaris bawahi terkait dengan akses peringatan dini bencana yang merupakan hak diketahui oleh seluruh masyarakat. Sehingga dengan mengatahuinya kawasan yang terdampak bisa mendapatkan evakuasi secara teratur dan tepat. Sedangkan kawasan yang tidak terdampak tidak menyebabkan kerusuhan evakuasi.


Menurutnya, BNPB berperan sebagai koordinator bencana bekerjasama dengan google agar informasi terkait dengan bencana yang resmi dari pemerintah bisa berada di urutan atas saat diakses oleh masyarakat. Hal ini pun ditujukan untuk menguranngi hoax mebjadi populer dan dikonsumsi publik. Beberapa fitur Google seperti Google Maps, Google Earth, hingga Google Person Finder ikut dikampanyekan agar dapat membantu masyarakat memahami posisinya saat berada dalam bencana hingga cara alternatif bagaimana menemukan keluarga yang hilang.


"Google memastikan program yang seakurat mungkin untuk pemerintah dan nasyarakat gunakan. Google pun memberikan kesempatan bagi jurnalis untuk melakukan kroscek data melalui pelatihan yang diselenggarakan untuk menghindari penyebaran hoax melalui media," jelas Jacquelline. (M-1)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Sinergi Program

Prodeskel SiksNG
Pemda Poso Kementrian Desa

 Aparatur Desa

Back Next

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Pendidikan N0.3
Desa : Meko
Kecamatan : Pamona Barat
Kabupaten : Poso
Kodepos : 94662
Telepon :
Email : mekopintar@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:63
    Kemarin:184
    Total Pengunjung:21.903
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.140.84
    Browser:Tidak ditemukan