Selamat datang di website resmi Pemerintah Desa Meko  

LUAPAN SUNGAI MEKO DAN AMPU-AMPU MENGGENANGI PEMUKIMAN PENDUDUK

Administrator | 26 April 2020 21:50:13 | Berita Desa | 782 Kali

Meko (28/04/2020) Luapan sungai Meko kembali menggenangi pemukiman penduduk. Berdasarkan hasil pemantauan kurang lebih 85 Ha pemukiman penduduk terdampak banjir sungai Meko, dan 50 Ha terdampak banjir luapan sungai Ampu-Ampu.

Hal ini dipicu tingginya curah hujan sejak tanggal 27 hingga malam hari, yang mengakibatkan permukaan sungai Meko meluap dan Ampu-ampu meluap, diperparah lagi dengan robohnya tanggul sungai Meko yang mengarah ke pemukiman penduduk sekitar 60 meter. Dari pantauan air sungai mulai masuk ke pemukiman sekitar pukul 01.00 wita hingga pukul 07.00 wita permukaan air masih tinggi.

Pemerintah Desa Meko sudah berupaya melakukan upaya normalisasi, dengan cara menambal dan meluruskan aliran sungai serta mengajukan proposal ke badan atau balai yang berwenang menangani DAS Meko.

Sebagai jawaban Badan Wilayah Sungai Sulawesi III sedang melakukan upaya pemeliharaan berupa pembangunan tanggul sungai, tapi berhubung curah hujan yang tinggi, pekerjaan sering terkendala dan belum seratus persensen sambil menunggu permukaan sungai kembali turun, yang diperkiraan akhir bulan Mei 2020.

Sebenarnya luapan sungai Meko terjadi setiap tahun dan kondisi terparah akan terjadi dalam rentang 5 tahun sekali. Perombakan hutan juga menjadi salah satu faktor tingginya erosi sungai, sehingga upaya dari Pemerintah yang terus menyadarkan masyarakat pentingnya hutan untuk dijaga terlebih larangan untuk merombak wilayah Cagar Alam Pamona.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Prodeskel SiksNG
Pemda Poso Kementrian Desa

Komentar Terkini

Wilayah Desa

Halaman Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Pendidikan No. 3
Desa : Meko
Kecamatan : Pamona Barat
Kabupaten : Poso
Kodepos : 94662
Telepon :
Email : mekopintar@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung